[BERITA] Fan klub memimpin gerakan amal!

Setiap hari selama sebulan, Jeon Eun-joo, 40 tahun ibu rumah tangga yang tinggal di Ilsan, telah duduk di depan komputernya setelah mengirim anaknya ke sekolah swasta.

Hanya dengan beberapa klik, ia akan login ke situs web bank untuk memeriksa berapa banyak uang yang telah disimpan ke dalam penggalangan dana rekening yang dibuka oleh “Miclub Jihoo-Hyunjoong-ari,” salah satu dari banyak klub yang didedikasikan untuk penggemar bintang pop Kim Hyun -joong.

Klub baru-baru ini disumbangkan ₩ 14.917.564 ($ 13.221) kepada Yayasan Indah untuk membentuk dana beasiswa dalam nama Kim. Kim adalah pemimpin boy band SS501, dan juga dibintangi sebagai salah satu dari empat “bunga anak laki-laki” dalam hit KBS drama “Boys Over Flowers” tahun lalu.

Ini adalah pertama kalinya bagi klub penggemar untuk mengatur dana seperti di bawah nama selebriti. Dan sudah gagasan Jeon selama ini.

Sebuah penggemar bersemangat Kim sejak Agustus 2008, Jeon ingin melakukan sesuatu yang berbeda untuk berbagi kebahagiaan yang ia terima dari idolanya.

“Motif kami adalah murni. Kami mencari cara untuk benar-benar berhubungan dengan Kim,” kata Jeon, yang telah bergabung dengan klub Kim terpikat dengan baik hati gambar pada “Kami Got Married”, sebuah acara reality show MBC. “Seperti para penggemarnya, kami mencoba untuk datang dengan ide-ide yang bisa mengembangkan kepercayaan dalam berbagi kekuasaan secara terus-menerus dan cara-cara praktis.”

“Aku bangga dan bersyukur bahwa kita mampu membantu mereka yang kurang beruntung dalam nama Kim,” katanya.

“Hwasueunhwa,” klub penggemar kelompok gadis populer Girls ‘Generation, adalah lain yang telah mengangkat sejumlah besar uang untuk membantu mereka yang membutuhkan.

“Lebih dari 52 million won telah didistribusikan di bawah nama Girls ‘Generasi tahun 2009 saja,” kata Lee Jang-won, seorang pekerja kantor di Seoul yang bertugas di Hwasueunhwa donasi.

“Sumbangan kami sebagian mulai sebagai suatu cara untuk melakukan itu dengan pandangan negatif masyarakat terhadap orang dewasa menyoraki penyanyi perempuan muda,” kata Lee. “Tapi sekarang kita percaya bahwa dengan memberikan sedekah dan membantu terpinggirkan, kita adalah anggota kelompok memberikan sesuatu yang istimewa.”

Kontribusi Hwasueunhwa berlangsung sepanjang tahun sebagai klub membuat sumbangan pada setiap hari ulang tahun dari sembilan anggota kelompok. “Kami sumbangan berikutnya dijadwalkan pada 18 April, Jessica ulang tahun,” kata Lee.

Dengan membuat kontribusi dalam nama bintang kesayangan mereka, penggemar klub yang menempatkan diri mereka di garis depan gerakan filantropi baru di Korea, di mana terdiri atas sedikit sumbangan 0,16 persen dari produk domestik bruto pada tahun 2008, dibandingkan dengan 2,2 persen di Amerika Serikat .

Menurut statistik yang dikeluarkan oleh yayasan pada bulan November, Korea donasi kapita per 109.000 ₩ berdiri pada tahun 2007, kurang dari satu angka 10 untuk Amerika Serikat pada tahun 2004.

“The Kim Hyun-joong beasiswa sangat signifikan dalam bahwa 100 penggemar berjanji untuk membuat periodik sumbangan kepada dana,” kata Kim Jin-ah, kepala tim pengembangan sumber daya di Yayasan Indah.

Dia mengatakan Korea biasanya mempertimbangkan sumbangan satu kali transaksi, mencatat bahwa budaya amal di sini masih tertinggal jauh di belakang negara-negara maju lainnya.

“Orang-orang perlu menyadari sukacita yang sejati memberi. Dalam hal ini, saya melihat trend baru-baru ini selebriti dan klub penggemar mereka memberi uang untuk amal positif,” katanya.

Kang Tae-gyu, seorang kritikus budaya, mengatakan bahwa sebagai selebriti adalah contoh pengaturan dengan membuat donasi, fans mereka memperoleh di kereta musik. “Fans tidak lagi pasif dalam peran mereka. Partisipasi sosial mereka telah menjadi jauh lebih aktif dan positif dalam aspek ini,” katanya.

Bahkan, banyak selebriti Korea telah dengan murah hati menyumbangkan uang untuk berbagai tujuan, mendapatkan diri mereka gelar “menyumbangkan malaikat.”

Sementara Kim Yu-na, juara Olimpiade dalam gambar skating, baru-baru ini menyumbangkan 100 million won terhadap upaya bantuan di Haiti, penyanyi Kim Jang-hoon’s akumulasi sumbangan telah melampaui 8 billion menang.
Kecenderungan ini juga menciptakan riak di luar negeri. Sebagai “Hallyu” peregangan pengaruhnya, klub-klub luar negeri penggemar bintang Korea bergabung dengan gerakan. Soshified.com,” Girls internasional ‘Generasi penggemar klub, baru-baru ini menyumbangkan $ 3.500 ke Korea Palang Merah Nasional untuk upaya bantuan Haiti dalam nama Girls’ Generasi.

“Selama ini tetap moderat, dan sesuai tujuan mereka, saya percaya bahwa kita harus mempublikasikan tren lebih sering untuk membantu badan amal untuk mengambil akar budaya,” kata Kang.

(insider@heraldm.com)
By Lee Ho-joon

source: The Korea Herald



cr:dkpop

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s